Tugas Softskill Rangkuman


TUGAS DAN PENULISAN PART 1
SISTEM MANAJEMEN SEBAGAI SUMBER DAYA
Manajemen sumber daya informasi (IRM: information resources management) adalah sebuah kegiatan yang diikuti oleh seluruh tingkatan manajer dengan maksud untukmengenali dan mengelola sumber daya informas yang diperukan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang didasarkan pada beberapa persyaratan.
Manajemen sumber daya informasi adalah sebuah konsep manajemen sistem informasi yang mengatur manajemen dan tugas fungsi sistem informasinya ke dalam lima bentuk dimensi.
1. Manajemen strategis
2. Manajemen operasional
3. Manajemen sumber daya
4. Manajemen teknologi
5. Manajemen pendistribusian
PENGGUNA INFORMASI DIPANDANG DARI TINGKAT MANAJEMEN DAN AREA OPERASIONAL PERUSAHAAN
1.  Manajemen Lini Pertama (first-line management)
Manajemen lini pertama memiliki tugas :
·  Memerlukan ketrampilan teknis (keahlian yang mencakup prosedur teknis, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus) dan kemampuan komunikasi yang baik.
·    Menyusun perencanaan jangka pendek (harian, mingguan dan bulanan).
·     Mengarahkan sejumlah karyawan yang berada di bawah komandonya.
· Memberikan informasi terkait keputusan yang diambil oleh manajemen kepada para karyawan dan memberikan informasi terkait kinerja, hambatan, kesulitan dan tuntutan dari para karyawan kepada manajemen yang lebih tinggi.
· Menjaga hubungan baik antara manajemen tingkat menengah dan para karyawan.
· Bertanggung jawab dan memberikan laporan secara langsung kepada manajemen level menengah.
Contoh : penyelia (supervisor) atau pengawas, manajer lokasi, manajer perkantoran, manajer departemen, manajer shift, atau mandor.

2. Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management)
Peran manajemen tingkat menengah pada suatu organisasi adalah sebagai berikut :
·     Memerlukan ketrampilan manajerial serta kemampuan teknis.
·     Menjadi perantara antara manajemen puncak dan manajemen lini pertama.
·     Merencanakan rencana jangka menengah antara 1 – 5 tahun.
·  Berkoordinasi dengan departemen yang ada atas semua kegiatan yang dilakukan.
·     Menjalankan perintah, kebijakan, dan rencana yang ditetapkan oleh manajemen puncak.
·     Bertanggung jawab secara langsung kepada manajemen puncak seperti Dewan Direksi dan CEO
perusahaan.
·     Memberi saran atau rekomendasi kepada manajemen puncak sesuai dengan kondisi yang ada.
Contoh : kepala departemen (manajer pemasaran, manajer keuangan, dll) atau HOD, kepala bagian, pemimpin proyek, manajer cabang (cabang perusahaan atau unit lokal), manajer pabrik, Junior Executive (asisten manajer pembelian, asisten manajer pemasaran, dll) dan manajer divisi.

3. Manajemen Puncak (Top Management)
Peran yang paling utama pada manajemen puncak adalah :
·     Dibutuhkan kemampuan konseptual dibandingkan kemampuan teknis.
·     Mampu memobilisasi sumberdaya yang dimiliki perusahaan.
·    Bertanggung Jawab penuh terhadap keberjalanan perusahaan kepada dewan direksi, pemerintah dan masyarakat umum.
·     Menentukan perencanaan, tujuan dan kebijakan perusahaan atau organisasi.
·     Mempersiapkan rencana jangka panjang perusahaan.
·    Manajemen puncak bekerja melalui pemikiran, perencanaan kemudian memutuskan sehingga disebut juga dengan otak organisasi atau Administrator.
Contoh : dewan direksi, CEO (Chief Executive Officer), CIO (Shief Information Officer), CFO (Chief Financial Officer), General Manajer atau dikenal dengan Presiden Direksi (Presdir).
EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
1. Fokus Awal pada Data
·    Terbatas untuk aplikasi akuntansi.
·     Nama yangdiberikan untuk aplikasi akuntansi berbasis komputer awal ini adalah pengolahan data elektronik (electronic data processing – EDP). Istilah EDP tidak lagi populer dan disingkat menjadi data processing (DP). Kemudian digunakan istilah SIA (Sistem Informasi Akuntansi) untuk menggambarkan sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan.
2. Fokus Baru pada Informasi
·     Konsep SIM dimulai.
·     Konsep SIM ini menyatakan bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen.
3. Fokus Revisi pada Pendukung Keputusan
·     Muncul konsep sistem pendukung keputusan (decision support sistem – DSS)
·     DSS merupakan sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer.
4. Fokus Sekarang pada Komunikasi
·     Fokus pada aplikasi perkantoran yang disebut otomatisasi kantor (office automation – OA). OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat – alat elektronik.
·     Otomatisasi kantor berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconferencing), voice mail, electronic mail, facsimile transmission dan dekstop publishing. Digunakan istilah kantor maya (virtual office) untuk menggambarkan semua aplikasi otomatisasi kantor.
5. Fokus Potensial pada Konsultasi
·      Kemunculan konsep Kecerdasan Buatan (artificial intelligence – AI). Bagian dari AI yakni sistem pakar (expert system) menjadi perhatian yang utama.
·     berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu area. Misal, sistem pakar dapat menyediakan bagi seorang manajer sebagian bantuan yang sama seperti yang diberikan oleh seorang konsultan manajemen.
·      Salah satu keterbatasan sistem pakar adalah kecerdasannya tidak berkembang seiring waktu. Satu cara untuk mengatasi keterbatasan tersebut adalah menggunakan jaringan syaraf (neural networks) yang merupakan analog matematik dan elektronik dari otak manusia.
MODEL SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
1. SIA (System Informasi Akutansi)
Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
2. SIM (Sistem Informasi Manajemen)
“suatu sistem di dalam suatu organisasi, yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan” (Sutabri, 2005:42).
3. SPK (System Penunjang Keputusan)
keputusan merupakan suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu seorang manager dalam mengambil suatu keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur.
Sistem pendukung keputusan bisa juga dikatakan sebagai suatu sistem informasi yang menggunakan model-model keputusan, basisdata, dan pemikiran manajer sendiri.
4. OA (Office Autmation)
OA (Office Automation) mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun diluar  perusahaan. Beberapa sistem OA direncanakan secara formal dan didokumentasikan dengan suatu prosedur tertulis. Sistem formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan SIM (Sistem Informasi Manajemen). Konsep OA hampir sama dengan konsep CBIS linnya, yang membedakan OA dengan CBIS (Computer Based Information System) lain adalah komunikasi. OA dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tertulis dalam suatu organisasi perkantoran.
Otomatisasi perkantoran digunakan oleh semua orang yang berkerja dalam kantor. Yang meliputi Manajer, Profesional, sekretaris, Employer, dll
5. SP (Sistem Pakar)
Sistem pakar merupakan salah satu bidang teknik kecerdasan buatan yang cukup diminati karena penerapannya diberbagai bidang baik bidang ilmu pengetahuan maupun bisnis yang terbukti sangat membantu dalam mengambil keputusan dan sangat luas penerapanya. Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang dirancang agar dapat melakukan penalaran seperti layaknya seorang pakar pada suatu bidang keahlian tertentu. Cek Selengkapnya di https://reaktorinformasi.blogspot.com/2018/10/evolusi-cbistugas-softskill.html
TUGAS DAN
PENULISAN PART 2
MANFAAT DAN KENDALA PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK

Apa saja manfaat dari E-Commerce?
1) Manfaat yang dirasakan oleh pengusaha perdagangan elektronik
a.   perusahaan mampu menjangkau pasar lebih luas, karna para konsumen hanya dengan mengakses internet yang sangat efisien tanpa ada batasan tempat dan waktu.
b. Lebih sedikit pengeluarannya, karena hanya membutuhkan sedikit karyawan yang tidak banyak. Harganya tentu lebih murah karna biaya operasionalnya juga murah.
2) Manfaat yang dirasakan oleh konsumen
a.  konsumen tidak perlu datang jauh-jauh ke toko untuk mendapatkan sebuah barang. Konsumen  dapat mengemat waktu dan biaya transportasi.
b.  Konsumen dapat membandingkan barang yang sama dengan harga di situs yang lain. Konsumen bissa membeli barang yang yang di dalam negerinya tidak ada. Harga lebih murah.

Dan apa saja hambatan dari e-commerce?
1) kepercayaan. Karna di negara kita sendiri lebih percaya menggunakan transaksi face to face atau pembelian secara langsung, dimana kita dapat melihat, meraba atau pun mencobanya dan memastikan dengan warna ukuran yang benar-benar nyata dalam melakukan transaksi penjualan.
2) keamanan. Sangat banyak berita-berita tentang kriminalitas di internet, seperti pencurian nomor kartu kredit atau lainnya, sehingga tidak sedikit orang yang enggan dalam menggunakan transaksi online tersebut. Padahal transaksi menggunakan kartu kredit di internet tidak lebih berisiko dibandingkan transaksi yang biasa kita lakukan.
3)  biaya yang sangat tinggi, dimana dalam membuka usaha online tentu tidak menggunakan biaya yang sedikit.

STRATEGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Apa saja strategi dari e-commerce?
1) Sistem Antar Organisasi
2) Pertukaran data Elektronik / Electronic Data Interchange (EDI)
3) Rancang Ulang Proses Bisnis (BPR)
4) Menggunakan teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik.
PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (EDI)
Elektronic Data Interchange (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruk turdan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan. Elektronic Data Interchange (EDI) biasanya digunakan antara pemasok dan produsen. Namun sistem ini tidak memiliki fleksibilitas yang cukup memadai untuk memenuhi tuntutan pasar yang muncul sekarang ini. Di internet, order produk saat ini sudah dapat dilakukan dengan hanya melihat katalog produk, dan kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja elektronik dengan menekan tombol mouse untuk menyelesaikan prosedur pembelian setelah mengisi form order.
Manfaat dari Pertukaran data Elektronik
1) Penghematan waktu. Pada dasarnya EDI menggantikan transaksi yang menggunakan kertas menjadi transaksi berbasis elektronik. Hal ini telah menghemat waktu yang tadinya dialokasikan untuk menulis, mencetak, dan pengiriman melalui jasa pos.
2) Penghematan biaya. Biaya untuk membayar peralatan, prangko, jasa pos, pegawai dan petugas dapat dikurangi karena sistem EDI telah menyederhanakan semua ini ke dalam sebuah urutan yang sistematis dan otomatis.
3) Minimalisasi kesalahan. Kesalahan yang sering terjadi dalam pekerjaan manual biasa terjadi karena bekerja menggunakan kertas dilakukan oleh manusia, sedangkan sistem EDI adalah sistem yang berbasis komputer sehingga kesalahan dalam proses pertukaran informasi dapat dikurangi oleh kalkulasi komputer.
4) Respon yang cepat. Sistem EDI yang menggunakan bentuk elektronik dalam proses pengiriman dapat dalam sekejap mengirimkan dokumen-dokumen transaksi kepada para pelaku bisnis sehingga mereka mempunyai waktu yang lebih banyak untuk menentukan manuver – manuver bisnis.
5) Aliran kas. Siklus dalam perdagangan menjadi lebih cepat seiring mempercepatnya proses pesanan dan pengiriman yang juga memengaruhi kecepatan pembayaran. Bertambah cepatnya pembayaran akan berdampak pada meningkatnya arus kas.
6) Peluang dalam bisnis. Jumlah pelanggan meningkat dan mereka biasanya hanya akan berbisnis dengan pemasok yang menggunakan EDI. Persaingan pun meningkat dalam memulai bisnis baru karena adanya penggunaan EDI. Industri supermarket dan perakit kendaraan merupakan contoh bisnis yang banyak menggunakan EDI dalam kemitraannya. Cek Selengkapnya di https://reaktorinformasi.blogspot.com/2018/11/perdagangan-elektronik-dan-pertukaran.html
CONTOH PENGGUNAAN E-COMMERCE
1. E-commerce C2C (Customer To Customer)
Sebuah website marketplace. Marketplace adalah bisnis E-commerce yang menyediakan fitur-fitur berupa tempat transaksi uang ke customer dan juga sebagai tempat memperomosikan sebagian product didalamnya. Didalam marketplace sendiri telah menyediakan fitur untuk penjual. Contoh-contoh website marketplace adalah Flippa, oDesk, eBay,Tokopedia, Elevania dan masih banyak yang lainnya.

2. E-commerce B2B (Business to Business)
Sebuah Bisnis yang biasanya dilakukan oleh kedua belah pihak yang akan memberikan keuntungan, lkarena bisnis ini memiliki sifat berkelanjutan. Sebagai Contoh bisnis E-commerce B2B adalah dua perusahaan yang saling melakukan transaksi jual beli.

3. E-commerce B2C ( Business to Costumer )
Sebuah bisnis dari perusahaan (penyedia jasa dan produk) langsung dengan para konsumen. Bisnis jenis ini sangat populer, contohnya adalah online shop, pembeli akan bisa langsung berkomunikasi dan bertransaksi dengan penjualnya.

4. E-commerce Iklan baris
Website yang bersangkutan tidak memfasilitasi kegiatan transaksi online, Penjual dapat menjual barang kapan saja, dimana saja secara gratis. Contohnya ialah,TokoBagus, dan OLX. Kaskus sendiri sebagai salah satu forum online terbesar di Indonesia juga bisa dibilang masih menggunakan model bisnis iklan baris di forum jual belinya.

5. E-commerce Media Sosial Shop
Bisnis yang dilakukan di media-media sosial, Facebook dan Instagram salah sendiri satu tempat untuk mempromosikan barang dagangan. Situs Facebook menyediakan tempat seperti grup, halaman fans, sampai ke iklan facebook untuk mempromosikan produk yang ingin di jual. Cek Selengkapnya di https://reaktorinformasi.blogspot.com/2018/11/e-commerce-dan-contohnyatugas.html
TUGAS DAN PENULISAN PART 3
PERALATAN INPUT, PEMROSESAN PUSAT, PENYIMPANAN SEKUNDER DAN PERALATAN OUTPUT
1.   Alat Input
Alat input adalah alat-alat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Alat input : keyboard, Mouse, Scanner, Joystick, Barcode, Touch Pad, Camera Digital, Light Pen

2.    Alat Proses
Alat proses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer
setelah mengalami proses input.
Alat proses :   CPU (Control Proccess Unit), ALU (Arithmetic Logical Unit), CU (Control Unit), Motherboard, Proccessor, Register, Cache Memory, ROM (Read Only Memory), RAM (Random Access Memory), PCI (Peripheral Component Interconnect)

3. Penyimpanan sekunder
sarana penyimpanan yang berada
satu tingkat di bawah memori utama sebuah komputer dalam hirarki memori. 
Media penyimpanan sekunder : Harddisk, Disket, CD/DVD, Flashdisk, Memory Card

4. Alat Output
Alat output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi yang dibutuhkan.
Alat Output : Monitor, Printer,  Plotter, Speaker, Proyektor
MENGENAI SOFTWARE, OPERASI SISTEM DAN APLIKASI SOFTWARE
SISTEM OPERASI
Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain.

SOFTWARE APLIKASI
Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Software aplikasi
terdiri dari :
1.     Bahasa pemrograman (programming language)
2.     Program aplikasi (Application Program)
3.     Program paket / paket aplikasi (packet program)
4.     Program utilitas (utility program)
5.     Games dan entertainment dan lain-lain

PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Peralatan Input
Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan
ekternal.

Peralatan Output
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain. Cek Selengkapnya di https://reaktorinformasi.blogspot.com/2018/11/tentang-arsitektur-komputerpenulisan.html

ARSITEKTUR KOMPUTER



A.  Arithmetic and Logic Unit  (ALU)
Arithmatic and Logic Unit atau Unit Aritmetika dan Logika berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

B.  Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang  mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang  sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untukdiproses masih disimpan yang menunggugiliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.

C.  Control Unit
Control Unit atau Unit Kontrol berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input  menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke memori utama dan mengambil data dari memori utama untuk diolah.

D.  Bus
Bus adalah sekelompok lintasan sinyal yang digunakan untuk menggerakkan bit-bit informasi dari satu tempat ke tempat lain, dikelompokkan menurut fungsinya Standar bus dari suatu sistem komputer adalah bus alamat (address bus), bus data (data bus) dan bus kontrol (control bus). Cek Selengkapnya di https://reaktorinformasi.blogspot.com/2018/11/arsitektur-komputertugas-softskill.html


Komentar